Entri Populer

Entri Populer

Kamis, 05 November 2009

Soal TAP Manajemen 2008.1

TAP 2008.1 (Soal Kasus :”PT. Sonya Indonesia”).
NASKAH UJIAN
TUGAS AKHIR PROGRAM (EKMA4500)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
MASA UJIAN 2008.1

Kode Naskah 54; Tgl Ujian : Sabtu, 10-05-08
Penting!
Kerjakanlah soal ujian ini dengan jujur, jika terbukti melakukan kecurangan /contek-mencontek selama ujian, Anda akan dikenai sanksi akademis berupa pengurangan nilai atau tidak diluluskan (diberi nilai E).
Apabila terbukti menggunakan JOKI pada saat ujian, semua mata kuliah yang ditempuh akan diberi nilai E.

PT. SONYA INDONESIA
PT. Sonya Indonesia adalah suatu perusahaan yang memproduksi alat-alat elektronik keperluan rumah tangga mulai dari televise, DVD player, radio tape, sampai dengan computer dan berbagai peralatan elektronik lainnya. Pada tahun ini, PT. Sonya Indonesia telah mengeluarkan produk baru berupa laptop yang juga berfungsi sebagai viewer. Produk ini dinilai memiliki banyak kelebihan, yaitu dapat digunakan untuk melakukan presentasi dengan lebih mudah karena adanya integrasi antara laptop dan viewer dengan cara pemakaian yang lebih sederhana dan mudah. Integrasi antara laptop dan viewer ini menyebabkan pengguna tidak perlu menggunakan kabel-kabel penghubung yang terkesan rumit. Produk ini diharapkan mampu meraih target pasarnya yaitu pasar yang menginginkan spesifikasi produk baru tersebut dikarenakan pihak manajemen yakin akan kemampuan dan kelebihan produk tersebut.
Agar dapat meraih laba sebanyak-banyaknya dan pasar seluas-luasnya, perusahaan menetapkan harga yang tinggi dan promosi yang tinggi. Sebagai salah satu pemain dalam industri elektronik, PT.Sonya juga menghadapi beberapa pesaing potensial yang kemungkinan akan mengikuti inovasi yang dilakukan PT. Sonya. Adanya beberapa pesaing dalam industri ini menyebabkan perusahaan berusaha untuk membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya.
Menyadari semakit ketatnya tingkat persaingan dalam bisnis ini, PT. Sonya berusaha memperluas daerah pemasarannya. PT. Sonya yang saat ini memiliki pabrik di Bekasi berencana untuk mendirikan pabrik baru di Surabaya, Medan dan Makasar untuk memasok permintaan di pulau Bali, Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Pihak manajemen harus menentukan pabrik manakah yang akan memasok ke setiap wilayah pemasaran. Data biaya kirim ke masing-masing wilayah pemasaran adalah sebagai berikut :

Tabel 1
Data biaya kirim untuk setiap daerah pemasaran
Bali Jawa Sumatera Kalimantan Sulawesi Papua Kapasitas
Sby 300 100 200 200 450 400 4.000
Medan 450 450 100 300 300 800 4.000
Mkasar 350 350 350 250 250 500 4.000
Permin-
taan 3.000 5.000 2.000 1.000 600 400 12.000

Agar pendirian pabrik-pabrik tersebut dapat berjalan lancar, PT. Sonya Indonesia memerlukan dana yang kemungkinan besar akan diperoleh dari pihak luar. Terdapat beberapa kreditur yang sanggup menyediakan dana dan saat ini para kreditur tersebut mempelajari laporan keuangan PT. Sonya Indonesia.
Data financial PT. Sonya Indonesia tahun 2007 tampak pada Tabel 2 dan Tabel 3.

TABEL 2
PT. SONYA INDONESIA
NERACA
Per 31 Desember 2007
(dalam ribuan rupiah)

Kas 10.000.000
Piutang 12.000.000
Persediaan 8.000.000
Total Aktiva Lancar 30.000.000
Aktiva Tetap 40.000.000
TOTAL 70.000.000

Utang Dagang 10.000.000
Utang Wesel 6.000.000
Utang Pajak 4.000.000
Total Kewajiban Lancar 20.000.000
Utang Jangka Panjang 10.000.000
Modal Sendiri 40.000.000
TOTAL 70.000.000
Tabel 3
PT. SONYA INDONESIA
LAPORAN RUGI LABA
Untuk Periode yang berakhir pada 31 Desember 2007
(dalam ribuan rupiah)
Penjualan 20.000.000
Potongan Penjualan 800.000
Penjualan Netto 19.200.000
HPP 12.000.000
Laba Kotor 7.200.000
Biaya Adiministrasi, Umum dan Pemasaran 1.200.000
Laba Operasi (sebelum bunga dan Pajak) 6.000.000
Bunga 500.000
Laba sebelum pajak 5.500.000
Pajak 1.000.000
LABA SETELAH PAJAK 4.500.000
Berkaitan dengan rencana pendirian pabrik baru, perusahaan menetapkan akan menambah pekerja di masing-masing pabrik. Model perekrutan yang digunakan adalah Recruiting Yield Pyramid. Model ini digunakan untuk menghitung jumlah pelamar yang harus dihasilkan oleh perusahaan. Jumlah pekerja di setiap pabrik diperkirakan sama karena kapasitas di setiap pabruk juga sama. Berdasarkan pengalaman yang lalu, diperoleh data mengenai jumlah perekrutan karyawan sebagai berikut :
1. Rasio antara penawaran ddengan karyawan (baru) yang benar-benar diangkat adalah 3 : 2.
2. Rasio antara calon karyawan yang diwawancara dengan penawaran yang diberikan perusahaan adalah 3 : 1
3. Rasio antara calon karyawan yang diundang untuk diwawancara dengan calon yang senyatanya diwawancara adalah 4 : 3.
4. Rasio antara calon karyawan yang pertama kali kontak dengan perusahaan dengan yang benar-benar diundang adalah 2 : 1.


PERTANYAAN
1. Berdasarkan keadaan Keuangan PT. Sonya, Anda diminta untuk menilai kondisi keuangan perusahaan dengan menggunakan rasio keuangan sebagai berikut :
a. Debt to Equity Ratio
b. Quick Ratio
c. Profit Margin
d. Rentabilitas Ekonomis
Berdasarkan hasil perhitungan yang Anda peroleh, jelaskan artinya !
2. Tentukan kota pemasok untuk masing-masing wilayah pemasaran dengan biaya pengiriman yang paling ekonomis dengan menggunakan metode maksimisasi penghematan !.
3. a. Menurut Saudara, strategi pemasaran apa yang sedang diterapkan oleh PT. Sonya Indonesia dalam memasarkan produk barunya ?.
b. Jelaskan alasan yang mendasari PT. Sonya Indonesia menerapkan strategi tersebut.
4. Dengan menggunakan model recruiting yield pyramid, tentukan berapa jumlah pengontak awal yang harus diusahakan oleh perusahaan jika tahun depan perusahaan benar-benar harus merekrut 200 orang karyawan baru.a. Dengan menggunakan model recruicting yield pyramid, tentukan berapa jumlah pengontak awal yang harus diusahakan oleh perusahaan jika tahun depan perusahaan benar-benar harus merekrut 100 orang karyawan baru?

Pustaka : Jtriwiyanto

1 komentar: