TAP 2007.2 (Soal Kasus :”PT. Cahaya Electric”).
NASKAH UJIAN
TUGAS AKHIR PROGRAM (EKMA4500)
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
MASA UJIAN 2007.2Kode Naskah 54; Tgl Ujian : Sabtu, 17-11-07
Sifat Ujian : Open Book
Boleh Menggunakan Kalkulator
Sesungguhnya, apapun yang Anda perbuat, Tuhan Maha Mengetahui.
Karena itu, bekerjalah dengan jujur dan jangan berbuat curang !
PT. CAHAYA ELECTRIC
PT. Cahaya Electric adalah suatu perusahaan yang memproduksi alat0alat elektronik keperluan rumah tangga mulai dari televisi, radio tape, sampai dengan DVD player. Produk yang saat ini sedang gencar diproduksi oleh PT. Cahaya Electric adalah televisi layar datar jenis “Super Boom” dengan spesifikasi suara stereo dan warna yang sangat jelas. Produk “Super Boom” ini diharapkan mampu meraih pasar yang lebih luas, karena pihak manajemen sangat yakin akan kemampuan dan kelebihan produk tersebut. Agar dapat meraih pasar seluas-luasnya, perusahaan melakukan promosi melalui berbagai media agar konsumen semakin mengenali produk tersebut.
Sebagai salah satu pemain dalam industri elektronik, PT. Cahaya Electric juga menghadapi beberapa pesaing potensial yang kemungkinan akan mengikuti inovasi yang dilakukan PT. Cahaya Electric. Adanya beberapa pesaing dalam industri ini menyebabkan tiap-tiap produsen berusaha untuk membangkitkan kesukaan terhadap merek bagi pasarnya. Menyadari akan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis televisi, PT. Cahaya Electric selalu berusa meningkatkan kualitasnya melalui perbaikan-perbaikan dalam bidang manajemen keuangan, sumber daya manusia, pemasaran sampai pada proses produksinya.
Saat ini PT. Cahaya Electric memiliki pabrik ditiga lokasi yaitu di Bekasi, Semarang dan Surabaya. Daerah pemasaran produk meliputi kota Jakarta, Medan, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya. Adapun data tentang biaya kirim per unit, kapasitas masing-masing pabrik serta permintaan masing-masing daerah pemasaran adalah sebagai berikut.
Jakarta Medan Bandung Semarang Yogyakarta Surabaya Kapasitas
Bekasi 50 400 100 200 200 400 2000
Semarang 200 500 200 0 50 300 3000
Surabaya 400 600 350 300 300 0 2000
Permintaan 2000 1000 1000 900 1300 800 7000
Agar dapat meningkatkan produksinya, PT. Cahaya Electric juga tengah mempertimbangkan untuk membeli sebuah mesin baru yang lebih efisien. Pihak Manajemen memiliki dua alternatif pembelian mesin tersebut, apakah membeli dari Korea dengan merek “Don Jung” ataukah membeli mesin yang sama buatan Jepang dengan merek “Yamako”. Apabila membeli merek “Don Jung”, maka investasi untuk mesin tersebut adalah sebesar Rp. 55.000.000,00, sedangkan investasi untuk merek “Yamako” sebesar Rp. 70.000.000,00. Masing-masing mesin mempunyai umur 5 tahun tanpa nilai sisa. Besarnya pajak yang harus dibayar perusahaan adalah 25 %. Dalam menghitung penyusutan, perusahaan menggunakan metode lurus. Adapun perkiraan penghasilan dan biaya operasi dari masing-masing mesin tersebut selama lima tahun adalah sebagai berikut :
Tabel 1
PERKIRAAN PENGHASILAN DAN BIAYA OPERASI
MESIN “DON JUNG”
Tahun Penghasilan Biaya Operasi
1 Rp. 40.000.000,00 Rp. 30.000.000,00
2 Rp. 45.000.000,00 Rp. 33.000.000,00
3 Rp. 47.000.000,00 Rp. 35.000.000,00
4 Rp. 50.000.000,00 Rp. 36.000.000,00
5 Rp. 52.000.000,00 Rp. 36.000.000,00
Tabel 1
PERKIRAAN PENGHASILAN DAN BIAYA OPERASI
MESIN “YAMAKO”
Tahun Penghasilan Biaya Operasi
1 Rp. 60.000.000,00 Rp. 48.000.000,00
2 Rp. 63.000.000,00 Rp. 51.000.000,00
3 Rp. 67.000.000,00 Rp. 53.000.000,00
4 Rp. 69.000.000,00 Rp. 53.000.000,00
5 Rp. 71.000.000,00 Rp. 53.000.000,00
Pimpinan PT. Cahaya Electric menyadari betul bahwa agar dapat memenangkan persaingan, perusahaan harus melakukan berbagai efisiensi dan perbaikan disegala bidang, termasuk dalam bidang sumber daya manusia. Saat ini PT. Cahaya Electric memiliki total tenaga kerja sebanyak 600 orang yang terdiri dari karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap. Sebagian besar karyawan tidak tetap adalah karyawan finishing sedangkan sisanya adalah tenaga angkut. Dengan semakin majunya usaha, pada tahun depan pihak manajemen berencana untuk menambah karyawan baru sebanyak 100 orang yang akan bertugas pada bagian Finishing. Dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya diketahui bahwa perbandingan antara calon yang diberi penawaran oleh perusahaan dengan karyawan baru yang senyatanya diangkat adalah 3 : 2; perbandingan antara calon karyawan yang diwawancarai dengan calon yang diberi penawaran oleh perusahaan adalah 3 : 2; perbandingan antara calon karyawan yang diundang untuk wawancarai dengan calon karyawan yang senyatanya diwawancarai adalah 2 : 1; dan perbandingan antara calon karyawan yang pertama kali mengontak perusahaan dengan calon yang benar-benar diundang adalah 3 : 2.
Sejak tahun 2004 perusahaan menetapkan upah sesuai dengan keputusan pihak manajemen perusahaan. Upah yang diterima para karyawan dibagi dalam dua golongan yaitu :
1. Gaji bulanan. Gaji ini diberikan kepada karyawan staf tetap yang besarnya antara satu hingga tiga juta rupiah setiap.
2. Upah harian yang dibayarkan seminggu sekali. Upah ini diberikan kepada karyawan tidak tetap, yaitu karyawan bagian finishing dan perugas angkut. Besarnya upah antara Rp. 30.000,00 hingga Rp. 40.000,00 per hari.
Disamping upah yang diterima karyawan tersebut, perusahaan memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) setiap tahun yang besarnya satu kali gaji/upah. Tunjangan kesehatan juga diberikan perusahaan bagi para karyawannya. Demikian juga apabila terjadi kecelakaan ketika karyawan sedang menjalankan tugas, maka biaya pengobatan akan ditanggung perusahaan sepenuhnya, sedangkan bila kecelakaan terjadi diluar jam kerja maka perusahaan hanya memberikan bantuan sekedarnya. Pihak manajemen telah melakukan berbagai kebijakan yang dilakukan dalam rangka peningkatan potensi sumber daya manusia meliputi melakukan rekruitmen dengan seleksi secara professional serta mengembangkan kemampuan tenaga kerja melalui program pelatihan.
PERTANYAAN
1.Tentukan kota pemasok untuk masing daerah pemasaran dengan biaya pengiriman yang paling ekonomis menggunakan metode maksimisasi penghematan! (25%)
2.Tentukanlah mesin mana yang sebaiknya dibeli oleh perusahaan dengan menggunakan metode payback period yang didiscountedkan (discount rate 10%). Jelaskan jawaban Saudara! (25%)
3.Tentukan bauran promosi produk yang tepat. (25%)
4.a. Dengan menggunakan model recruicting yield pyramid, tentukan berapa jumlah pengontak awal yang harus diusahakan oleh perusahaan jika tahun depan perusahaan benar-benar harus merekrut 100 orang karyawan baru?
b. Jika pada perusahaan lain besarnya upah penjaga toko dan petugas angkut berkisar antara Rp. 40.000,00 hingga Rp. 60.000,00 perhari, maka sesuai dengan teori keadilan (equity theory), tindakan apa yang kemungkinan akan dilakukan oleh pekerja bagian finishing dan petugas angkut PT. Cahaya Electric? (25%)
Pustaka : Jtriwiyanto
Tidak ada komentar:
Posting Komentar