Entri Populer

Entri Populer

Kamis, 12 November 2009

EKMA4216 Manajemen Pemasaran


Deskripsi Matakuliah :
EKMA4216 Manajemen Pemasaran
Basu Swastha Dharmmesta


Harga Buku : Rp. 54.500,- (disertai multimedia)
3 SKS - Modul 1-9 / Edisi 2
ISBN : 9796028646
DDC22 : 658.8
Copyright (BMP) © Jakarta: Universitas Terbuka, 2001


Mata kuliah ini membahas berbagai konsep penting pemasaran yang harus dikuasai mahasiswa melalui penyajian pemahaman yang bertahap. Pada tahap awal diberikan pemahaman tentang konsep dasar dalam pemasaran meliputi peran pemasaran dalam organisasi dan proses manajemen pemasaran. Pembahasan berikutnya mengenai analisis peluang pemasaran meliputi segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar dan penentuan posisi serta pemahaman tentang perilaku konsumen baik pada pasar konsumen maupun pasar bisnis. Pembahasan terakhir yaitu tentang pengembangan program pemasaran meliputi pengelolaan produk dan pengembangan produk baru, daur hidup produk. strategi penetapan harga, strategi distribusi serta strategi promosi dan_periklanan.

pembelian.online:
http://ebook.ut.ac.id/product_info.php?cPath=21_33&products_id=150

Tinjauan Mata Kuliah

Rangkuman Mata KuliahMODUL 1
PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN MASYARAKAT
Kegiatan Belajar 1
Pengertian Pemasaran
Modul Satu buku ini telah menyajikan uraian tentang peran pemasaran baik dalam organisasi atau perusahaan maupun dalam masyarakat. Peran manajer pemasaran dalam perusahaan berkaitan dengan jenjang manajerialnya, yakni jenjang korporet, jenjang unit bisnis strategik, dan jenjang operasional atau fungsional. Perusahaan yang berharap dapat berhasil perlu memfokuskan pada pemasaran. Filosofi seperti ini, disebut Konsep Pemasaran sangat membantu perusahaan mencapai tujuannya dengan mengutamakan kepuasan konsumen melalui koordinasi dan integrasi antara bidang pemasaran dengan bidang kegiatan lainnya. Manajer pemasaran harus bekerja dengan banyak bidang lain dalam perusahaan yang satu sama lain saling bergantung dan mendukung dalam pencapaian tujuan perusahaan.
Kegiatan-kegiatan pemasaran juga perlu dikoordinasikan dengan faktor-faktor lingkungan yang sebagian besar berada di luar kontrol perusahaan. Ini berarti bahwa perusahaan perlu lebih banyak mengarahkan karyawan melakukan kegiatan-kegiatan pemasaran yang etis atau tidak bertentangan dengan norma lingkungan, dan produk-produknya memang aman sebelum diluncurkan. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, keputusan tentang produk diintegrasikan dengan keputusan-keputusan menyangkut harga, distribusi, dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi. Keempat instrumen pemasaran tersebut, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi, dikenal dengan istilah bauran pemasaran.

MODUL 2
PROSES MANAJEMEN PEMASARAN DAN STRATEGI PEMASARAN
Kegiatan Belajar 1
Tugas-tugas Manajemen Pemasaran
Pada modul dua ini telah disajikan uraian tentang berbagai macam tugas manajemen pemasaran yang intinya mengatur permintaan produk yang ditawarkan. Proses manajemen pemasaran dibahas menurut tahaptahapnya yang bermula dari penganalisisan pasar sampai dengan pengendalian pemasaran. Secara spesifik strategi dan perumusan strategi pemasaran diuraikan untuk memperjelas langkah-langkah penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer pemasaran.

MODUL 3
SEGMENTASI PASAR, PENENTUAN SASARAN PASAR, DAN PEMOSISIAN
Kegiatan Belajar 1
Pasar dan Penggolongannya
Uraian pokok yang disajikan dalam Bab 3 ini adalah tentang segmentasi pasar, penentuan sasaran pasar, dan pemosisian produk. Segmentasi pasar merupakan upaya untuk mengidentifikasi kelompok konsumen dengan cara mengelompokkan konsumen ke dalam kelompok-kelompok yang kebutuhan dan keinginannya serupa. Pengelompokan yang dilakukan dapat menggunakan basis yang berbeda, seperti faktor demografis, geografis, faktor demografis pribadi, faktor psikografis dan keperilakuan. Konsep tentang segmentasi pasar berkaitan dengan pembedaan produk dalam hal kesamaan pasar sasarannya meskipun fokus kedua konsep tersebut berbeda.
Upaya untuk mensegmentasikan pasar akan menciptakan kelompok-kelompok pasar yang memiliki karakteristik berbeda. Upaya tersebut harus diikuti dengan upaya untuk menentukan pasar sasaran di antara segmen-segmen pasar yang telah diidentifikasi. Untuk itu, lima persyaratan harus dipenuhi, yaitu bahwa segmen pasar tersebut dapat diukur, dapat dimasuki, cukup besar, dapat dibedakan, dan dapat ditindaklanjuti. Adapun strategi yang dapat ditempuh untuk menentukan pasar sasaran adalah undifferentiated marketing, differentiated marketing dan concentrated marketing. Tiga macam pola preferensi pasar dapat dijadikan ancangan untuk memposisikan produk-produk perusahaan ke pasar sasaran yang diinginkan. Strategi yang ditempuh dalam pemosisian produk ini antara lain adalah strategi pemosisian kembali dan strategi perluasan merek.

MODUL 4
PERILAKU KONSUMEN
Kegiatan Belajar 1
Perilaku Konsumen: Deskripsi dan Model
Pemahaman perilaku konsumen baik konsumen akhir maupun pembeli industrial adalah sangat penting bagi pemasar. Keputusan konsumen dalam pembeliannya ditempuh melalui suatu proses, mulai dari pengenalan masalah, pencarian informasi, pengevaluasi alternatif, pengambilan keputusan beli, sampai pada evaluasi pasca beli. Proses keputusan tersebut dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, baik yang ada pada diri konsumen, seperti persepsi, pembelajaran, sikap dan keyakinan, motivasi, kepribadian, pengalaman, dan konsep diri, maupun faktor-faktor yang berasal dari lingkungan, seperti budaya, sub-budaya, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, faktor situasional, nilai, norma, dan peran sosial, serta bauran pemasaran. Proses keputusan tersebut didasarkan pada sifat-sifat konsumen yang rasional.
Dalam pasar industrial, keputusan pembeliannya diambil juga melalui suatu proses, yaitu (1) mengenali masalah (kebutuhan), (2) menentukan karakteristik produk dan jumlah yang diperlukan, (3) mendeskripsikan spesifikasi produk dengan tepat dan kebutuhan kritisnya, (4) mencari dan menentukan kualifikasi sumber-sumber yang potensial, (5) menerima dan menganalisis usulan, (6) mengevaluasi usulan dan menyeleksi pemasok (7) memilih dan melakukan pemesanan, dan (8) mengadakan umpan-balik kinerja dan evaluasi. Sedangkan situasi pembeliannya dapat digolongkan ke dalam tiga macam, yaitu: pembelian tugas baru, pembelian ulang, dan pembelian ulang langsung. Setiap pembeli industrial mempunyai pilihan pendekatan dalam pembeliannya, di antaranya adalah inspeksi, penyampelan, deskripsi, dan kontrak dengan negosiasi.
Motif utama dalam pembahasan perilaku beli konsumen maupun industrial adalah memahami proses keputusan tersebut, di samping perusahaan harus mempunyai posisi yang baik untuk memberikan informasi yang tepat kepada konsumen yang tepat pada waktu yang tepat. Model perilaku konsumen tersebut sangat membantu untuk mengarahkan kegiatan pemasaran agar dapat melayani konsumen maupun pembeli industrial secara lebih baik.

MODUL 5
PENGELOLAAN PRODUK DAN PENGEMBANGAN PRODUK BARU
Kegiatan Belajar 1
Pengertian dan Penggolongan Produk
Bab lima buku ini pada pokoknya telah menguraikan bagaimana perusahaan mengelola produknya dan bagaimana perusahaan mengembangkan produk baru. Pengelolaan produk yang ada didasarkan pada dikotomi arti produk, yaitu produk konsumen dan produk industrial, serta memfokuskan pada strateginya. Bagaimanapun juga konsep tentang bauran pemasaran yang pernah diuraikan di bab terdahulu dikaitkan dalam pengelolaan produk ini. Ekspansi dan kontraksi bauran produk, baik dari sisi lini produk maupun sisi jenis produk, menjadi bagian dari pengelolaan produk yang ada agar menciptakan efisiensi penawaran kepada konsumen.
Pengembangan produk baru telah diuraikan sebagai aktivitas yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan secara terus-menerus. Ini disebabkan oleh adanya daur hidup produk dari saat produk itu diperkenalkan sampai pada saat produk itu tidak ada lagi di pasaran karena sudah tidak diminati konsumen. Pengembangan produk baru ini akan menjaga eksistensi produk perusahaan di pasaran. Tahap-tahap yang perlu dilalui dalam pengembangan produk baru adalah tahap pencarian dan penyaringan ide tentang produk baru, tahap analisis bisnis, tahap pengembangan dan pengujian, tahap pengujian pemasaran, serta tahap komersialisasi.

MODUL 6
DAUR HIDUP PRODUK
Kegiatan Belajar 1
Peranan Daur Hidup Produk dalam Strategi Pemasaran
Daur hidup produk dapat memberikan indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen. Ukuran yang menunjukkan perkembangan tersebut adalah tingkat penjualan produk, di samping juga tingkat keuntungan. Daur hidup produk yang dapat dilalui oleh suatu produk secara normal meliputi empat tahap, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan tahap penurunan.
Atas dasar kondisi pada masing-masing tahap tersebut perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai. Perbedaan setiap tahap dalam daur hidup produk itu memerlukan strategi pemasaran yang berbeda pula. Strategi pemasaran yang dikembangkan didasarkan pada variabel bauran pemasaran dengan penekanan khusus pada salah satu variabel tertentu. Pada tahap perkenalan lebih diutamakan promosi, pada tahap pertumbuhan lebih diutamakan distribusi, pada tahap kedewasaan lebih diutamakan harga, dan pada tahap penurunan lebih diutamakan pengurangan biaya.

MODUL 7
STRATEGI PENETAPAN HARGA
Kegiatan Belajar 1
Harga: Pengertian dan Penetapannya
Bab Tujuh buku ini pada pokoknya telah menguraikan bagaimana pemasar menetapkan harga produknya untuk ditawarkan kepada konsumen. Pengertian harga adalah sangat penting dan menjadi titik awal bahasan ini. Kemudian diuraikan berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menetapkan suatu tingkat harga. Faktor-faktor tersebut meliputi (1) kondisi perekonomian, (2) penawaran dan permintaan, (3) elastisitas permintaan, (4) persaingan, (5) biaya, (6) tujuan manajer, dan (7) pengawasan pemerintah. Besarnya pengaruh masing-masing faktor tidak selalu sama, bergantung pada kondisi yang sedang berlaku.
Setelah berbagai faktor dipertimbangkan maka harga dapat ditentukan melalui suatu proses yang terdiri atas sembilan tahap, yaitu: (1) menentukan tujuan penetapan harga, (2) memperkirakan permintaan untuk barang tersebut dan elastisitas harganya, (3) mengantisipasi reaksi dalam persaingan, (4) menentukan pangsa pasar yang dapat diharapkan, (5) memilih strategi harga untuk mencapai pasar sasaran, (6) mempertimbangkan kebijakan pemasaran perusahaan, (7) memilih metode penghitungan harga, (8) menetapkan tingkat harga, dan (9) menyesuaikan struktur harga terhadap variasi dalam permintaan dan biaya di masing-masing segmen pasar. Berbagai contoh diberikan untuk memperjelas bahasan yang dimaksud.
Di bagian akhir bab ini dibahas ditambahkan dua bahasan praktis dengan contohnya, yaitu: (1) penentuan harga dasar dan laba yang diharapkan, dan (2) penetapan harga dasar dalam kondisi yang tidak pasti. Ini dimaksudkan, khususnya butir ke dua, untuk memberikan gambaran bahwa tidak semua kondisi yang dihadapi selalu bersifat pasti. Oleh karena itu, penetapan harga dalam berbagai alternatif tingkat harga perlu dilakukan untuk memudahkan dalam pengambilan keputusan.

MODUL 8
STRATEGI DISTRIBUSI
Kegiatan Belajar 1
Pengertian Saluran Distribusi
Bab delapan buku ini pada pokoknya telah menguraikan bagaimana produsen mengelola saluran distribusinya untuk melayani pelanggan sasaran. Alasan-alasan yang menguntungkan untuk digunakannya perantara dalam saluran distribusi mendorong produsen untuk mengembangkan saluran distribusi tidak langsung, meskipun saluran distribusi langsung juga diperlukan dalam kondisi tertentu.
Perantara yang digunakan dalam saluran distribusi dapat dibedakan menjadi dua golongan, yaitu perantara pedagang dan perantara agen. Masing-masing golongan dapat dibedakan lagi, yaitu perantara pedagang mencakup pedagang besar dan pengecer, sedangkan perantara agen mencakup agen penunjang dan agen pelengkap. Digunakan atau tidak digunakannya perantara tersebut telah memberikan berbagai pilihan alternatif distribusi, yaitu saluran distribusi untuk barang konsumen, baik saluran panjang atau tidak langsung maupun saluran pendek atau saluran langsung, dan saluran distribusi untuk barang industrial yang juga dapat berupa saluran panjang atau tidak langsung maupun saluran pendek atau langsung.
Dalam pemilihan saluran distribusi, produsen perlu mempertimbangkan berbagai faktor, seperti pertimbangan pasar, pertimbangan barang, pertimbangan perusahaan, dan pertimbangan perantara. Sedangkan untuk menentukan banyaknya penyalur, produsen mempunyai tiga alternatif pilihan, yaitu distribusi intensif dengan banyak penyalur pada tingkat pengecer, distribusi selektif dengan sedikit penyalur, dan distribusi eksklusif dengan satu penyalur yang langsung melayani pelanggan. Jika produsen sudah menentukan untuk menggunakan penyalur maka diperlukan pemilihan dan pengendalian saluran distribusi dengan mempertimbangkan biayanya.
Penentuan saluran distribusi bukanlah keputusan yang sederhana karena banyak hal yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, model keputusan distribusi dan strategi distribusi perlu dirumuskan secara cermat. Dalam buku ini dijelaskan adanya lima alternatif strategi distribusi untuk produk baru. Untuk menentukan alternatif mana yang dianggap terbaik, dapatlah digunakan penghitungan secara kuantitatif, yaitu dengan menggunakan metode nilai faktor tertimbang. Bahasan ini mengakhiri Modul 8 buku ini.

MODUL 9
STRATEGI PROMOSI DAN PERIKLANAN
Kegiatan Belajar 1
Pengertian Komunikasi Pemasaran
Bab Sembilan atau terakhir buku ini telah menguraikan pokok bahasan tentang strategi promosi dan periklanan. Komunikasi pemasaran menjadi topik awal bahasan mengingat perannya sebagai dasar bagi kegiatan-kegiatan promosi yang dilakukan oleh perusahaan. Kegiatan-kegiatan promosi itu, disebut juga bauran promosi, meliputi periklanan, penjualan tatap muka, promosi penjualan, hubungan masyarakat, publisitas, dan pemasaran langsung. Dari ke enam kegiatan tersebut, bahasan yang terbanyak ditujukan pada kegiatan periklanan mengingat penggunaannya yang sangat luas di samping adanya keterbatasan ruang dalam buku ini.
Rencana promosi, kemudian diadopsi untuk rencana periklanan, juga dibahas, meliputi delapan tahap, yaitu: (1) penentuan tujuan promosi, (2) pengidentifikasian pasar sasaran, (3) penyusunan anggaran, (4) pemilihan pesan, (5) penentuan bauran promosi, (6) pemilihan bauran media, (7) pengukuran efektivitas, dan (8) pengendalian dan pemodifikasian kampanye promosi. Beberapa tahap, khususnya tahap penyusunan anggaran dan tahap pemilihan media dibahas secara lebih ditail disertai contoh penerapan dengan menggunakan model kuantitatif seperti linear programming.
Kerangka AIDA dan Model Hierarki Pengaruh dapat dijadikan acuan untuk mengidentifikasi seberapa efektif suatu kampanye promosi atau periklanan itu dapat dicapai; pada akhirnya bermuara dalam bentuk pendorongan atau pembangkitan pembelian oleh konsumen. Konsumen akhir atau konsumen perdagangan seperti pengecer, akan menentukan strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan, apakah strategi menarik atau strategi mendorong
Daftar Pustaka
MODUL 1
American Marketing Association. (1985). Definition of Marketing.
Assael, H. (1995). Consumers Behavior and Marketing Action. 5th ed. Cincinnati, OH: South-Western College Publishing Co.
Cravens. D.W. and G.E. Hills. (1970). "Consumerism: A perspective for Business", Business Horizon (August) pp 23- 29.
Kotler, Pand. G. Amstrong. (1976). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Cliffs, NY: Prentice-Hall, Inc.
Kotler. P. (1997). Marketing Management: Analysis Planning Implementation. Upper Saddle River, NJ: Prenticehall, Inc.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1995). Marketing Management Knowledge Skills. 4th ed. Chicago: Irwin.
Rosenborg, J.M. (1995), Dictionary of Marketing and Advertising. New York: John Willey and Sons, Inc.
Stanton, W.J., Etzel, and B.J. Walker. (1994). Fundamentals of Marketing. 10th ed. New York: McGraw Hill, Inc.
Tull, D.S. and L.R. Kahle. (1990). Marketing Management. New York: Macmillan Publishing Company.
Waterschoot, W.V. and C. Van den Bulte. (1992). "The 4P Classification of the Marketing Mix Revisited," Journal of Marketing Volume 56, No. 4 (October), pp. 83-93.
Webster Jr. F.E. (1992). "The Changing Role of Marketing in the Corporation," Journal. of Marketing Vol. 56, No. 4 (October), pp. 117.
MODUL 2
Boyd, Jr. H.W; O.C. Walker, Jr; and J.C. Larreche. (1995). Marketing Management: A Strategic Approach with a Global Orientation. Chicago. III: Irwin
Jain. S C. (1977), Marketing Planning and Strategy, 5th ed. Cincinnati, OH: South-Western College Publishing.
Kollat, D.T.R. D. Blackwell; and J.F. Robeson. (1972). Strategic Marketing. New York: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Kotler, P and G Amstrong. (1996). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Cliffs, NJ.: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1995). Marketing Management: Knowledge and Skills. 4th ed. Chicago: Irwin.
Swastha Dh. B dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed. 2 Yogyakarta: Liberty.
Tull, D.S. and L.R. Kahle. (1990). Marketing Management. New York: Macmillan Publishing Company.
MODUL 3
Berrigan, J. and C. Finkbeiner. (1992). Segmentation Marketing: New methods for capturing Business Markets. New York: Harper Collins Publishers.
Churchill, Jr. G.A. and J.P. Peter. (1995). Marketing: Creating Value for Customers. Burr Ridge, III: Irwin.
Dalrymple, D.J. and L.J. Parsons. (1995). Marketing Management: Text and Cases, 6thed. New York: John Wiley.
Etzel, M.J. B.J. Walker, and W.J. Stanton. (1997). Marketing. 11thed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Jain. S.C. (1997). Marketing Planning & Strategy. 5th ed. Cincinnati, OH: South-Western College Publishing.
Kotler, P and G. Amstrong. (1996). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P and G. Amstrong. (1997). Marketing: An Introduction. 4th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
McDonald, M. and I. Dunbar. (1995). Market Segmentation: A Step-by-step Approach to Creating Profitable Market Segments. Hampshire, UK: Macmillan Press Ltd.
Peter, JP. and J.H. Donnelly, Jr. (1995). Marketing Management: Knowledge and Skills. 4th ed. Chicago: Irwin.
Solomon, M.R. and E.W. Stuart. (1997). Marketing: Real People, Real Choices. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Swastha Dh, B. dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed. 2. Yogyakarta: Liberty.
Zikmund, W.G. and M. D'Amico. (1996). Marketing. 5th ed. St. Paul, MN: West Publishing Company.
MODUL 4
Ajzen. I. And M. Fishbein. (1980). Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall. Inc.
Allport. G.W. (1935). "Attitudes, " in C.A. Murchinson (Ed.), A Handbook of Social Psychology, Worcester, Mass: Clrak Universityu Press, pp. 798-844.
Asseal. H. (1995). Consumer Behavior and Marketing Action. 5th ed. Cincinnati OH: South-Western College Publishing.
Beraden, W.O. T.N. Ingram, and R.W. Larorge. (1995). Marketing: Principles and Perspectives. Chicago: Irwin.
Bovee, C. L.. M. J. Houston and J.V. Thill. (1995). Marketing. 2nd ed. New York: McGraw-Hill, Inc.
Boyd. Jr. H.W. O.C. Walker. Jr. and J.C. Larreche. (1995). Marketing Management: A Strategic Approach with a Global Orientation. Chicago: III. Irwin.
Dharmmesta. B.S. (1992). "Riset tentang minat dan perilaku konsumen: Sebuah catatan dan tantangan bagi peneliti yang mengacu pada theory of resoned action", Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, Tahun VII, No. I, h. 39-53.
Dickson, P.R. (1997). Marketing Management. 2nd ed. Fort Worth, TX: The Dryden Press.
Evans, J.R. and B. Berman. (1994). Marketing. 6th ed. New York: Macmillan Publishing Company.
Fishbein, M. and I. Ajzen. (1994). Belief, Attitude, Intention, and Behavior: An Introduction to Theory ang Research Reading. MA: Addison-Wesley.
Hawkins, D.I, R. J. Best: and K.A. Coney. (1995). Consumer Behavior: Implications for Marketing Strategy. 6th ed. Chicago: Irwin.

Howard, J.A. (1989). Consumer Behavior in Marketing Strategy. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Hutt. M.D. and T.W. Spech. (1995). Business Marketing Management. Hinsdale, III: Dryden Press.
Kinnear, T.C.K.L. Bernhardt: and K.A. Krentler. (1995). Principles of Marketing. 4th ed. New York: Harper Colins Publishers.
Kotler, P and G. Amstrong. (1996). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall. Inc.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotter, J.P. and J.L. Heskett. (1992). Corporate Culture and Performance. New York: The Free Press.
Mowen, J.C. (1995). Consumer Behavior. 4th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hal. Inc.
Perreault, Jr. W.D. and E.J. McCarthy. (1996). Basic Marketing: A Global Approach. 12th ed. Chicago: Irwin.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1995). Marketing Management: Knowledge and Skills. 4th ed. Chicago: Irwin.
Pride, W.M and O.C. Ferrell. (1997). Marketing: Concepts and Strategies. 10th ed. Boston, M.A.: Houghton Mifflin Company.
Schiffman, L.G. and L.L. Kanuk. (1997). Consumer Behavior. 6th ed. Upper Daddle River, NJ.: Prentice-Hall, Inc.
Solomon. M.R. And E.W Stuart. (1997). Marketing: Real People, Real Choices. Upper Saddle River. NJ: Prentice-Hall International, Inc.
Swasthe Dh. B dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed. 2. Yogyakarta: Liberty.
Tull, D.S. and L.R. Kahle. (1990). Marketing Management. New York: Mcmillan Publishing Company.
Zaltman G. and M. Wallendorf. (1983). Consumer Behavior. New York: John Wiley & Sons.
Zikmund, W.G and M. D'Amico. (1996). Marketing. 5th ed. Minneapolis, MN: West Publishing Company.
MODUL 5
Boyd, Jr, H. W; O.C. Walker, Jr; and J.C. Larreche. (1995). Marketing Management: A Strategic Approach with a Global Orientation. Chicago, III.: Irwin.
Jain, S.C. (1997). Marketing Planning and Strategy. 5th ed. Cincinnati, OH: South-Western College Publishing.
Kotler, P (1978), "What consumerism means for marketers?" in E.J. McCarthy; J.F. Gashof; and A. A.Brogowicz (Eds.). Readings in Basic Marketing. 2nd ed. Homewood, III.: Richard D. Irwin, pp. 384-386.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Perreault, Jr, W. D. and E. J. McCarthy. (1996). Basic Marketing: A Global Approach. 12th ed. Chicago: Irwin.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1995). Marketing Management: Knowledge and Skills. 4th ed. Chicago: Irwin.
Solomon, M. R. and E. W. Stuart. (1997). Marketing: Real People, Real Choices. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall International, Inc.
wastha Dh, B dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed 2. Yogyakarta: Liberty.
MODUL 6
Boyd, Jr, H.W; O.C. Walker, Jr; and J.C. Larreche. (1995). Marketing Management: A Strategic Approach with a Global Orientation. Chicago, III.: Irwin.
Cohen, W. A. (1988). The Practice of Marketing Management: Analysis Planning, and Implementation. New York: Macmillan Publishing Company.
Doyle, P. (1994), Marketing Management and Strategy. London: Prentice Hall, Inc.
Guiltinan, J. P. and G. W. Paul. (1994). Marketing Management: Strategies and Program. 5th ed. New York: McGraw-Hill, Inc.
Kotler, P and G. Amstrong. (1996). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Clifs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis Planning Implementation and Control. 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1995). Marketing Management: Knowledge and Skills. 4th ed. Chicago: Irwin.
Swastha Dh, E. dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed. 2. Yogyakarta: Liberty.
Tull, D.S. and L.R. Kahle. (1990). Marketing Management. New York: Macmillan Publishing Company.
MODUL 7
Anderson, J.C; D.C. Jain; and P.K. Chintagunta. (1993). Customer Value Assessment Business Market: A State-of-Practice Study," Journal of Business-to-Business Marketing, Vol. 1, pp. 3-29.
Bearden, W.O; T.N. Ingram; and R.W. Larorge. (1995). Marketing: Principles and Perspectives. Chicago: Irwin.
Bovee, C. L; M. J. Houston; and J. V. Thill. (1995). Marketing. 2nd ed. New York: McGraw-Hill, Inc.
Boyd, Jr, H.W; O.C. Walker, Jr; and J.C. Larreche. (1995). Marketing Management: A Strategic Approach with a Global Orientation. Chicago, Ill.: Irwin.
Dalrymple, D.J. and L.J. Parsons. (1995). Marketing Management: Text and Cases. 6th ed. New York: John Wiley.
Dickson, P. R. (1997). Marketing Management, 2nd ed. Fort Worth, TX: The Dryden Press. Dolan R.J. and H. Simon. (1996). Power Pricing: How Managing Price, Transforms the Bottom Line. New York: The Free Press.
Etzel, M.J; B.J. Walker; and W.J. Stanton. (1997). Marketing. 11th ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Jain, S.C. (1997). Marketing Planning & Strategy. 5th ed. Cincinnati, OH: South Western College Publishing.
Kotler, P and G. Amstrong. (1996). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P and G. Amstrong. (1997). Marketing: An Introduction, 4th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Lanzillotti, R. F. (1958). Pricing Objective in Large Firms. American Economic Review, Vol 48, No. 5.
Norgan, S. (1994). Marketing Management: A European Perspective. Wokingham, UK: Addison-Wesley.
Oxenfeldt, A.R. (1975). Pricing Strategies. New York: Amacom. Palda, K.S. (1971). Pricing Decisions and Marketing Policy. New Delhi, India: Prentice-Hall of India Private Limited.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1997). Marketing Management: Knowledge and Skills. 5th ed. Chicago: Irwin.
Pride, W. M. and O. C. Ferrell. (1997). Marketing: Concepts and Strategies. 10th ed. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.
Solomon, M.R. and E.W. Stuart. (1997). Marketing: Real People, Real Choices. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Swastha Dh, B dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed 2. Yogyakarta: Liberty.
Tull, D.S. and L.R. Kahle. (1990). Marketing Management. New York: Macmillan Publishing Company.
Winkler, J. (1983). Pricing for Results. Oxford, UK: Heinemann Professional Publishing Ltd. Winninger, T.J. (1995). Price Wars: How to Win the Battle for Your Customer. Kuala Lumpur, Malaysia: S. Abdul Majeed & Co.
MODUL 8
Bennett, P.D. (Ed.). (1995). Dictionary of Marketing Terms. 2nd ed. Chicago, IL: American Marketing Association.
Berman, B. (1996). Marketing Channels. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Berman, B. and J.R. Evans. (1992). Retail Management: A Strategic Approach. 5th ed. New York: Macmillan Publishing Company.
Bowersox, D.J; M.B. Cooper; D.M. Lambert; and D.A. Taylor. (1980). Management in Marketing Channels. New York: McGraw-Hill Book Company.
Boyd, Jr, H.W; O.C. Walker, Jr; and J.C. Larreche. (1995). Marketing Management: A Strategic Approach with a Global Orientation. Chicago, IL: Irwin.
Burstiner, I. (1991). Basic Retailing. 2nd ed. Homewood, IL: Irwin.
Dalrymple, D.J. and L.J. Parsons. (1995). Marketing Management: Text and Cases. 6th ed. New York: John Wiley.
Davidson, W.R; D.J. Sweeney; and R.W. Stampfl. (1984). Retailing Management. 5th ed. New York: John Wiley & Sons.
Dickson, P. R. (1997). Marketing Management. 2nd ed. Fort Worth, TX: The Dryden Press.
Dunne, P; R. Lusch; and M. Gable. (1995). Retailing. 2nd ed. Cincinnatti, OH: South-Western College Publishing.
Etzel, M.J; B.J. Walker; and W.J. Stanton. (1997). Marketing. 11th ed. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Evans, C.R. (1994). Marketing Channels: Infomercials and the Future of Televised Marketing. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Hutt, M. D. and T. W. Speh. (1995). Business Marketing Management. Hinsdale, Ill: Dryden Press.
Jain, S.C. (1997). Marketing Planning & Strategy. 5th ed. Cincinnati, OH: South-Western College Publishing.
MODUL 9
Kotler, P and G. Amstrong. (1996). Principles of Marketing. 7th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
r>Kotler, P and G. Amstrong. (1997). Marketing: An Introduction. 4th ed. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Kotler, P. (1997). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation, and Control. 9th ed. upper Saddle River, NJ.: Prentice-Hall, Inc.
Lewison, D.M. and M.W. Delozier. (1989). Retailing. 3rd ed. Columbus, O.H: Merrill Publishing Company.
McGoldrick, P.J. (1990). Retail Marketing. London: McGraw-Hill BookCompany.
Perreault, Jr, W. D. and E. J. McCarthy. (1996). Basic Marketing: A Global Approach. 12th ed. Chicago: Irwin.
Peter, J.P. and J.H. Donnelly, Jr. (1998). Marketing Management: Knowledge and Skills. 5th ed. Chicago: Irwin.
Pride, W. M. and O. C. Ferrell. (1997). Marketing: Concepts and Strategies, 10th ed. Boston, MA: Houghton Mifflin Company.
Rosenbloom, B. (1995). Marketing Channels: A Management View. 5th ed. Fort Worth, TX: The Dryden Press.
Solomon, M.R. and E.W. Stuart. (1997). Marketing: Real People, Real Choices. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Stern, L.W; A.I. El-Ansary; and A.T. Coughlan. (1996). Marketing Channels. 5th ed. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Swastha Dh, B. (1979). Saluran Pemasaran. Yogyakarta: BPFE.
Swastha Dh, B dan Irawan. (1990). Manajemen Pemasaran Modern. Ed 2. Yogyakarta: Liberty.
Tull, D.S. and L.R. Kahle. (1990). Marketing Management. New York: Macmillan Publishing Company.
Walters, C.G. (1977). Marketing Channels. Santa Monica. CA: Goodyear Publishing Company.
Zikmund, W.G. and M. D' Amico. (1996). Marketing. 5th ed. St. Paul, MN: West Publishing Company
Sumber : www.ut.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar