Entri Populer

Entri Populer

Kamis, 12 November 2009

EKMA4212 Pengantar Aplikasi Komputer


Deskripsi Matakuliah :
EKMA4212 Pengantar Aplikasi Komputer
Eko Nugroho

Harga Buku : Rp. 34.500,-
2 SKS - Modul 1-6 / Edisi 1
ISBN : 9796026783
DDC22 : 004.0285
Copyright (BMP) © Jakarta: Universitas Terbuka, 2000
Mata kuliah ini membahas tentang perangkat keras, perangkat lunak, sistem informasi, aplikasi di bidang bisnis dan masa depan komputer serta teknologi informasi.

pembelian online:
http://ebook.ut.ac.id/product_info.php?cPath=21_33&products_id=147

Tinjauan Mata Kuliah
Saat ini penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari sudah merupakan hal yang lazim. Misalnya dalam administrasi perkantoran, operasi perbankan, peralatan militer, navigasi pesawat, penggunaan komputer sangat berperan dalam menunjang kehandalan peralatan tersebut.
Di samping kecanggihannya, komputer sebenarnya hanyalah sebuah benda mati, lain halnya dengan manusia sebagai makhluk hidup. Sebenarnya manusia masih jauh lebih mengagumkan karena manusia mempunyai cipta, rasa, dan karsa. Manusia mempunyai kemampuan untuk menciptakan dari sesuatu yang belum ada menjadi ada. Manusia juga mempunyai kemampuan untuk merasakan panca indera, merasakan bau harum, rasa haus dan lain-lain. Itulah kekurangan komputer dibanding manusia, tapi sekaligus juga merupakan kekuatan komputer. Jika manusia bekerja terus-menerus selama tiga jam misalnya, maka kemampuan konsentrasinya akan menurun. Namun tidak demikian halnya dengan komputer.
Itulah salah satu bab yang dibahas dalam buku ini. Di samping hal itu, buku ini mengkaji masalah Perkembangan dan Cara Kerja Komputer (Modul 1), Perangkat Keras Komputer (Modul 2), Perangkat Lunak Komputer (Modul 3), Komunikasi Data (Modul 4), Sistem Informasi Manajemen (Modul 5), dan Pengantar Aplikasi Komputer (Modul 6).
Rangkuman Mata Kuliah


MODUL 1
PERKEMBANGAN DAN CARA KERJA KOMPUTER
Kegiatan Belajar 1
Perkembangan Komputer
Komputer adalah sebuah alat elektronik yang dapat dipergunakan untuk mengolah data menjadi informasi dengan bantuan program.
Komponen komputer terdiri dari 3 kelompok:
1. Perangkat keras, yaitu mesin-mesinnya.
2. Perangkat lunak, yaitu program dan datanya.
3. Perangkat Sumber Daya Manusiawi (SDM).
Komputer elektronik pertama ialah ENIAC yang mulai dipergunakan tahun 1945, yang disebut komputer generasi I yang masih menggunakan tabung hampa. Selanjutnya berkembang komputer generasi II yang menggunakan IC (Integrated Circuit). Lalu berkembang menjadi komputer generasi III yang menggunakan Large Scale IC. Komputer generasi ke-IV menggunakan VLSI (Very Large Scale IC).
Kegiatan Belajar 2
Cara Kerja Komputer
1. Berdasarkan ukuran kapasitasnya, komputer diklasifikasikan dalam: komputer mikro, komputer mini, komputer medium, komputer maxi dan Super komputer.
2. Saat ini ada berbagai macam merek komputer. Biasanya nama yang diberikan oleh suatu pabrik pada komputer hasil produksinya terdiri dari dua bagian. Yang pertama adalah kode sistemnya dan yang kedua adalah kode modelnya. Misalnya IBM 370/145, artinya komputer ini menggunakan sistem yang diberi kode 370 dan modelnya diberi kode 145.

MODUL 2
PERANGKAT KERAS KOMPUTER
Kegiatan Belajar 1
Perangkat Keras Komputer
1. Suatu sistem komputer selalu terdiri atas 5 komponen, yaitu
a. Unit masukan.
b. Unit pusat pemrosesan.
c. Unit keluaran.
d. Unit memori.
e. Unit perhitungan dan penalaran.
2. Unit masukan ada berbagai jenis antara lain
a. Papan ketik.
b. Pembaca kartu plong.
c. Pembaca media cahaya.
d. Pembaca media mekanis.
e. Pembaca media suara.
f. Dan lain-lain.
3. Unit keluaran ada berbagai jenis antara lain
a. Layar tampilan.
b. Pencetak matrik titik.
c. Pencetak laser.
d. Pencetak roda putar.
e. Penggambar.
f. Dan lain-lain.
4. Unit memori biasanya ada 2 macam. RAM ialah alat kerja, sedangkan ROM dipergunakan hanya sebagai alat simpan program.
5. Unit pusat pemrosesan dari berbagai macam pabrik bahasa mesinnya dapat berbeda-beda juga.
Kegiatan Belajar 2
Perangkat Keras Bantu
1. Media magnetis dipergunakan sebagai media penyimpan oleh komputer karena memori akan rusak datanya bila listrik dimatikan.
2. Media magnetis yang sering dipergunakan adalah cakram magnetis, karena dengan cakram magnetis data dapat dibaca/ditulis dengan cepat. Media penyimpan lain ialah pita.

MODUL 3
PERANGKAT LUNAK KOMPUTER
Kegiatan Belajar 1
Perangkat Lunak Sistem Operasi
1. Suatu komputer selalu memerlukan Sistem Operasi. Sistem operasi ialah program internal untuk mengelola sumberdaya komputer. Program ini berfungsi sebagai manajer sumberdaya komputer. Suatu jenis Sistem operasi pada umumnya bekerja hanya untuk suatu jenis prosesor tertentu saja.
2. Untuk dapat mengerjakan suatu masalah orang perlu menuliskan program. Untuk orang awam dapat menggunakan High level language, yaitu jenis bahasa komputer yang User Oriented, dapat dengan mudah dipelajari user dan menggunakan pola bahasa sehari-hari. Program ini nantinya diterjemahkan oleh kompiler ke dalam bahasa mesin.
3. High level language ada berbagai jenis, yang berorientasi komputasi antara lain: FORTRAN, PASCAL, ADA, dll. Yang berorientasi bisnis antara lain: COBOL, SNOBOL, DBASE, dll. Ada juga yang bertujuan khusus seperti PROLOG, LISP untuk artificial inteligence.
Kegiatan Belajar 2
Perangkat Lunak Aplikasi
Paket program komputer ada berbagai macam. Yang dapat dikelompokkan menjadi:
1. Paket aplikasi yang sesuai untuk perkantoran antara lain ialah:
a. Wordprocesor.
Ialah paket program untuk pengolahan kata. Contohnya antara lain: Wordstar, Wordperfect, MS Word, dll.
b. Spreadsheet.
Ialah paket program untuk pengolahan angka. Contohnya ialah: Lotus 123, Excel, Visicalc dll.
c. Data Base Management System.
Ialah paket program untuk pengolahan data misal kepegawaian, penggajian, dan lain-lain. Contoh Dbase III, Clipper, Foxbase dll.
d. Paket lain-lain.
Misalnya untuk membantu presentasi antara lain: Powerpoint, Storyboard, dan lain-lain. Untuk perencanaan kerja antara lain: HPM untuk network planning.

MODUL 4
KOMUNIKASI DATA
Kegiatan Belajar 1
Jaringan Komputer Lokal
a. Jaringa komputer memerlukan : host komputer (komputer induk, saluran dan terminal (workstation). Modem hanya diperlukan bila salurannya panjang.
b. JAda berbagai macam model jaringan komputer, antara lain model cincin, bus, hierarki, dan lain-lain.
c. JJaringan komputer memerlukan baik hardware maupun software yang mendukung.
Kegiatan Belajar 2
Jaringan Komputer Skala Luas
1. Salah satu jenis Wide Area Network yang paling luas sekarang ialah internet. Internet mencakup hampir seluruh dunia dengan pertumbuhan yang semakin luas.
2. Kemampuan internet antara lain ialah:
a. World Wide Web: Yaitu kemampuan untuk melihat file yang ada dikomputer lain dimanapun diseluruh dunia yang tergabung dalam Internet.
b. FTP (File Transfer Protocol): Yaitu kemampuan untuk mengirimkan file dari satu komputer ke komputer lain dimanapun diseluruh dunia yang tergabung dalam Internet.
c. E-mail: Yaitu saling berkirim surat secara elektronik antar komputer yang ada dimanapun diseluruh dunia yang tergabung dalam Internet
d. Dll

MODUL 5
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Kegiatan Belajar 1
Sistem Informasi Manajemen
Sistem informasi manajemen adalah sistem pengolahan informasi atau sistem pengolahan informasi berbantuan komputer yang dirancang untuk mendukung fungsi manajemen dan pengambilan keputusan sebuah organisasi.
Pada umumnya sebuah sistem informasi manajemen menggunakan bantuan (berbantuan) komputer. Oleh karena itu para perancangnya harus memiliki pengetahuan cukup mengenai komputer.
Sebenarnya manusia bisa mempelajari sistem informasi manajemen tanpa menggunakan komputer, tetapi dengan kemampuan komputer inilah sistem informasi manajemen dapat terwujud.
Kegiatan Belajar 2
Informasi dan Pengambilan Keputusan
1. SIM adalah suatu metode untuk menyusun sebuah sistem informasi yang terkomputerisasi untuk membantu pihak manajemen dalam mengambil keputusan, baik manajemen tingkat bawah, tingkat menengah dan tingkat atas. Masing-masing tingkat manajemen memerlukan jenis informasi yang berbeda sesuai dengan tugas masing-masing tingkat manajemen.
2. SIM harus dapat menyediakan suatu Informasi yang: Akurat, andal dan relevan.
a. Akurat, bahwa informasi harus benar-benar menyatakan dengan tepat apa yang diinformasikan.
b. Andal, artinya bahwa kebenaran informasi harus dapat diandalkan, dipercaya.
c. Relevan, artinya bahwa informasi tersebut harus menjawab kebutuhan yang menerima informasi pada waktu yang tepat.
Kegiatan Belajar 3
Aspek Psikologis Dalam Penerapan Komputerisasi
1. Penerapan SIM sangat perlu memperhitungkan aspek manusiawi.
Karena organisasi bukan mesin, melainkan justru unsur utamanya adalah manusia. Oleh karena itu unsur manusia menjadi bahan pertimbangan pokok dalam penerapan SIM.
2. Penerapan SIM yang tak memperhitungkan aspek manusiawi, akan membuat Resistance to change. Untuk mengatasi usahakan:
a. Tidak ada pegawai yang dirugikan karena penerapan SIM.
b. Libatkan semua pegawai sejak awal dalam pengembangan SIM
c. Beri penjelasan kepada pegawai tentang pentingnya SIM demi kelangsungan hidup perusahaan.

MODUL 6
PENGANTAR APLIKASI KOMPUTER
Kegiatan Belajar 1
Masalah dan Perkembangan Komputer
1. Komputer memungkinkan proses otomatisasi yang amat luas sekali, mulai dari proses produksi di pabrik, rumah sakit, bank dan lain-lain.
2. Robot merupakan salah satu bentuk otomatisasi. Dalam pengembangan lebih lanjut, robot lebih hanya mengotomasikan suatu pekerjaan, namun berusaha untuk meniru kemampuan gerak manusia.
3. Kriminalitas di bidang komputer merupakan masalah yang terus berkembang. Oleh karena itu pembuat komputer harus berusaha mencari akal untuk mengatasinya. Faktor kunci dalam mengatasi hal itu tetap terletak pada faktor manusia.
4. Virus komputer bukanlah suatu jenis mikroorganisme baru, melainkan hanya suatu program komputer yang di buat oleh seseorang, dan biasanya bersifat merusak.
Kegiatan Belajar 2
Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
1. Pada masa mendatang Hardware akan semakin kecil namun semakin cepat dan besar kapasitasnya. Perangkat keras yang bersifat khusus akan semakin berkembang, misalnya hardware khusus untuk Internet dll.
2. Pada masa mendatang Software akan semakin Programmingless, artinya untuk mengembangkannya akan semakin mudah, tenaga programmer akan semakin tak diperlukan, tetapi tenaga analis sistem akan semakin penting.
Kegiatan Belajar 2
Perkembangan Komputer di Masa Mendatang
1. Pada masa mendatang Hardware akan semakin kecil namun semakin cepat dan besar kapasitasnya. Perangkat keras yang bersifat khusus akan semakin berkembang, misalnya hardware khusus untuk Internet dll.
2. Pada masa mendatang Software akan semakin Programmingless, artinya untuk mengembangkannya akan semakin mudah, tenaga programmer akan semakin tak diperlukan, tetapi tenaga analis sistem akan semakin penting.
Sumber : www.ut.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar