Entri Populer

Entri Populer

Rabu, 09 Desember 2009

KISAH UJIAN TAP

CATATAN UJIAN TAP
Dear All,
Berbagi pengalaman mengenai TAP kemarin 2009.2, saya juga ada "kejadian" atau pengalaman yang membuat saya "tak enak makan dan tak nyenyak tidur"...... .

Ceritanya
Sebagaimana dimaklumi bahwa untuk jurusan Pemerintahan terdiri dari 5 (lima) Mata Kuliah Pendukung TAP: Organisasi & Manajemen Pemerintahan, Kebijakan Pemerintahan, Sistem Pemerintahan Indonesia, Perubahan Sosial & Pembangunan dan Manajemen Pelayanan Umum.
Menjelang ujian TAP, kelima modul dari kelima MK tersebut telah saya pelajari termasuk pokok bahasan yang berkaitan dengan pentingnya konsep "Desenteralisasi" dalam kerangka otonomi di Indoensia.
Dari kelima modul tersebut, bahasan mengenai pentingnya "desentralisasi" tersebut dijelaskan dalam modul MK "Sistem Pemerintahan Indonesia" misalnya pandangan The Lian Gie ataupun tokoh lainnya. Termasuk yang paling membantu adalah pandangan penyusun modul (Siti Aisyah, dkk) yang secara explisit mengemukakan alasan/faktor-faktor pentingnya "desentralisasi" di negara kita terutama dilihat dari beberapa dimensi/aspek.
Dari kelima modul mata kuliah pendukung TAP tersebut diatas, sejauh yang saya pelajari tidak ada yang membahas mengenai pentingnya desentralisasi menurut pandangan Smith.
Masalah kemudian
Yang menjadi masalah kemudian ketika tiba "hari H" TAP, konsep pandangan desentralisasi yang menurut saya ada pada modul MK Pendukung TAP (seperti disebutkan diatas) tidak satupun yang ditanyakan (soal TAP), malah sebaliknya konsep pandangan Smith yang notabene tidak tercantum dalam modul MK pendukung TAP ditanyakan (sebagai soal TAP) - soal TAP No. # 5 -
Waktu mau mengerjakan TAP, rasanya saya masih terngiang konsep pandangan menurut Siti Aisyah dkk, mengenai konsep pentingnya Desentralisasi tersebut bagi negara kita oleh karena pandangan tersebut sangat ideal, jelas, padat dan komprehensive sehingga sangat relevant antara teori dan kenyataan. Tetapi, ketika melihat soal/pertanyaan tersebut (konsepsi Smith) sesaat fikiran saya goyah semua perasaan bercampur aduk karena konsepsi Smith itu tidak saya temukan dalam kelima modul MK pendukung TAP.
Do'a dan Harapan
Semua soal TAP telah selesai saya kerjakan - termasuk soal No. # 5 itu yang terus menggangu fikiran saya- rasanya saya ingin "mempertanggung-jawabkan" jawaban saya atas soal no. # 5 tersebut secara berhadapan langsung dengan para penilai, dan saya ingin menjelaskan:
1) Penyebab arah jawaban saya dalam TAP seperti itu,
2) Keterkaitan konsep teorities pendekatan eknominya "Adam SMITH" dengan konsep pentingnya desentralisasi bagi negara kita yang substansinya sangat relevant dengan padangan Siti Aisyah, dkk terutama salah-satunya dari dimensi/aspek perekonomian dan pembangunan (sebagaimana yang saya maksud dalam menjawab soal TAP # 5)
Kalaupun "pertangung-jawaban" secara langsung kepada para dosen/penilai itu tidak terjadi, tapi saya yakin dan percaya bahwa konsepsi Adam SMITH (pendekatan ekonomi) sangat erat kaitannya dengan pentingnya desentralisasi.
--o0o--
Duhai ibuku tercinta, maafkan anakmu yang dhoif ini kelulusanku adalah dambaanmu semasa hidup seperti juga dambaanku......, karena kini kau telah mendahului kami menghadap Yang Kuasa sebelum kau menyaksikan anakmu ini lulus dan diwisuda.... maafkanlah !, do'aku untuk mu wahai Ibu tercinta semoga kau bahagia disisiNya, aamiin...
Kiranya cukup sekian "berbagi pengalaman" TAP yang pernah saya alami, saya berdo'a kepada Allah swt semoga segala perjuangan kita senantiasa mendapat jalan dan ridho Allah swt, aamiin.

Salam,
Maju Terus & tetap semangat.
Rustandi ; email : ru5t4ndi@yahoo.com

1 komentar: